FAQs


 Terms n FAQs

Frequently Ask Question (FAQ)
Sampai dengan saat ini, grosir mainan online menggunakan 3 jenis ekspedisi:
1. Ekspedisi via darat (onkir biasanya lebih hemat, tetapi sampai di tempat tujuan akan lebih lama;saat ini hanya melayani rute sumatra, jawa, madura, dan bali)

2. Ekspedisi via udara (onkir reguler)

3. Ekspedisi via laut (biasa digunakan untuk pedagang yang memesan dalam jumlah banyak > 100 cm3 dengan waktu tempuh hingga 2 minggu)

Bagaimana proses paket sampai ke tangan pelanggan?
Ada beberapa tahapan umum penting untuk diketahui:

1. Paket Kami diambil rutin setiap harinya pada sore hari untuk kemudian dibawa ke kantor pusat ekspedisi masing-masing.

2. Untuk perjalanan via udara, paket akan dibawa ke bandara sekitar pukul 12.00 wib agar bisa diangkut dengan pesawat dan sampai pagi hari untuk kemudian di distribusikan di daerah kirim masing-masing. Untuk paket dengan tujuan jauh dari ibukota provinsi/kota besar biasanya mengalami transit di kota terdekat untuk kemudian menunggu paket-paket lain agar bisa didistribusikan sekaligus.

3. Untuk perjalanan via darat paket akan langsung dibawa oleh bis-bis pengantaran untuk dikirim ke daerah masing-masing.

4. Untuk perjalanan via laut, paket akan dikirim via darat terlebih dahulu ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, kemudian diangkut dengan kapal laut untuk menempuh perjalanan ke pelabuhan masing masing, yang kemudian didistribusikan lagi via darat ke alamat kirim.

Apa yang menyebabkan paket terkadang datang terlambat dari estimasi?
Kami memberikan estimasi/perkiraan sampainya paket berdasarkan pernyataan dari pihak ekspedisi, namun beberapa hal mungkin terjadi:

1. Kendala paling umum adalah faktor lingkungan,
Hujan lebat yang terus-menerus, banjir, longsor, rencana demo besar-besaran, kerusuhan akan menghambat pengantaran paket (misal per kurir seharusnya bisa mengirim ke 20 alamat/hari, hanya tercapai 15 alamat, dst). Atas hambatan ini, kami harap permakluman dari pelanggan.

2. Peak Season
Terutama untuk pengantaran via udara, pada peak season (libur panjang sekolah, tahun baru, musim haji, natal, lebaran, imlek) biasanya pesawat ke wilayah tertentu penuh dengan penumpang, angkutan barang tidak diprioritaskan, sehingga barang menunggu di bandara beberapa hari untuk bisa diangkut ke tempat tujuan.

3. Untuk tujuan yang sangat jauh dari kota besar, pengantaran tidak dilakukan setiap hari (1-3 kali seminggu) tergantung kebijakan masing-masing ekspedisi.

Apa yang dimaksud volumetrik pada keterangan gambar?
Untuk keperluan pengiriman, expedisi menerapkan 2 macam pengukuran: Berat dan Volum
Bila barangnya ringan tetapi dusnya besar maka paket akan diukur panjang x lebar x tinggi dibagi 6000. Hasilnya dikonversi ke kilogram (di atas 0,3 dibulatkan keatas). Inilah yang dimaksud dengan berat volumetrik barang.

Bagaimana Saya mengetahui no AWB (resi pengiriman) dan mengecek status pengiriman paket Saya?
Caranya Untuk mengecek status pengiriman paket via tiki dan jne, kunjungi http://www.tiki-online.com atau http://www.jne.co.id
Ekspedisi lain harus di cek secara manual (via customer service). Mintalah Kami untuk melakukannya, bila paket dirasa sudah terlalu lama tiba dari estimasi awal.
Apakah saya akan langsung mendapat jawaban bila SMS/Telpon di luar jam kerja?
Seluruh peralatan komunikasi Kami akan di OFF di luar jam kerja dan baru di ON kembali pada jam kerja berikutnya. Apabila ada pertanyaan silahkan kirimkan saja via SMS/, namun akan Kami jawab pada jam kerja berikutnya. Harap maklum.

0 komentar:

Posting Komentar