Rabu, 07 November 2012

Dampak Permainan Interaktif Pada Balita



Permainan interaktif yaitu permainan yang banyak melibatkan peserta dalam memainkannya. Permainan interaktif ini tidak bertujuan untuk mencari pemain yang pandai melainkan untuk merangsang kreativitas pesertanya. Pada balita usia 2-5 tahun permainan interaktif dapat dimainkan manakala ada teman yang sedang berulang tahun ataupun ketika sekolah di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan di TK (Taman Kanak-Kanak).
Ada berbagai macam permainan interaktif yang sering dimainkan balita antara lain : permainan interaktif menirukan suara binatang, permainan interaktif cara berfikir cepat, permainan interaktif menyusun kalimat dengan kata tertentu dan permainan interaktif lainnya. Permainan interaktif biasanya didampingi orang tua atau guru yang mengajarkannya. Dari permainan-permainan interaktif tersebut ternyata membawa dampak positif bagi perkembangan balita. Apa saja dampak positifnya? Artikel berjudul Dampak permainan interaktif pada balita akan disajikan untuk Anda.
APA SAJA DAMPAK PERMAINAN INTERAKTIF PADA BALITA?

Pada usia 2-5 tahun, balita sedang belajar mengenal lingkungan sekitar. Melalui permainan interaktif, balita akan lebih mudah menangkap materi yang diajarkan. Di samping itu, permainan interaktif juga dapat membawa dampak positif bagi perkembangan balita.
Berikut ini beberapa dampak permainan interaktif pada balita.
Dapat meningkatkan semua aspek perkembangan anak
Melalui permainan interaktif, balita dapat bereksplorasi maupun berekspresi secara bebas ketika menemukan hal-hal yang baru maupun hal-hal yang sudah diketahui sebelumnya.
Dapat mengembangkan potensi balita secara optimal
Potensi fisik, mental, spiritual dan intelektual yang dimiliki balita akan berkembang ketika balita sedang bermain permainan interaktif ini. Hal ini cukup bagus untuk menyiapkan balita Anda sebelum masuk sekolah dasar.
Dapat mengembangkan daya kreativitas balita
Kreativitas balita akan terbentuk dengan permainan interaktif. Pasalnya untuk menjadi pemenang dalam permainan interaktif dibutuhkan kreativitas.



KESIMPULAN

Berdasarkan informasi di atas dapat disimpulkan bahwa permainan interaktif pada balita mempunyai dampak sangat positif bagi perkembangan balita. Oleh karena itu ajaklah balita Anda untuk bermain ketika Anda senggang di rumah. Dengan bermain juga akan meningkatkan kedekatan emosional antara orang tua dengan anak. Selain itu untuk mempercepat proses pengenalan lingkungan sekitar, berilah waktu untuk balita Anda bermain bersama teman-temannya.
Demikian artikel seputar dampak permainan interaktif pada balita. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin mendidik balita di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar